Kodam IX/Udayana Gelar KMD Pramuka Terpusat Tingkat Daerah

145

Tabanan, Porosinformatif – Pangdam IX/Udayana selaku Pembina Saka Wira Kartika Kodam IX/Udayana maupun pribadi mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Kursus Mahir Dasar (KMD) Pembina Pramuka Saka (Satuan Karya) Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah TA 2019, sejumlah 300 peserta dari Satuan jajaran Kodam IX/Udayana yang berlangsung selama lima hari.

Demikian amanat Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., yang dibacakan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri saat menjadi Pembina Upacara dalam pembukaan KMD Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah TA. 2019, pada Senin (25/11/2019) bertempat di Bumi Perkemahan Margarana, Br. Kelaci, Ds. Marga Dauh Puri, Kec. Marga, Kab. Tabanan.

KMD ini merupakan salah satu program kerja Kodam IX/Udayana yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta mengembangkan rasa persaudaraan dan persatuan di kalangan Pembina, Pamong maupun Instruktur melalui kegiatan yang bersifat aktif, kreatif, inovatif dan edukatif.

“Disamping itu juga, kegiatan ini untuk membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil, dan berjiwa ksatria, serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan ke-Bhineka Tunggal Ika-an dengan semangat Ikhlas Bhakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana,” jelas Pangdam.

Pangdam berharap kepada para peserta untuk melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga nantinya dapat memahami dan mampu membentuk Kader Pramuka Saka Wira Kartika di wilayah masing-masing, bukan hanya untuk Kader Saka Wira Kartika saja tetapi sebagai Kader Pramuka lainnya, terutama bagi mereka yang ada di Kabupaten/Kota khususnya wilayah pedesaan.

Hal tersebut sesuai dengan tema kegiatan KMD Pembina Pramuka Saka Wira Kartika kali ini, yaitu “TNI AD Melalui Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah Membentuk Kader Pramuka Mahir Dasar Saka Wira Kartika Yang Handal Dan Profesional”.

Upacara pembukaan yang ditandai dengan penyerahan dan penerimaan Tunggul Latihan kepada penyelenggara latihan serta penyematan tanda peserta tersebut dihadiri juga oleh Aster Kasdam IX/Udy, para Dan/Kabalakdam IX/Udy, Dir Bimas Polda Bali, para Dandim Jajaran Korem 163/WSA, Wakil Asisten III Pemkab Tabanan, Waka Polres Tabanan, Ketua Pramuka Kwarda Bali, Para Pimpinan Saka Pramuka Kwarda Bali, Para Ketua dan Pendamping Pramuka se Kwarcab Bali, Muspika Kecamatan Marga serta undangan lainnya. (tim)