Komite Teater Dewan Kesenian Tuban Gelar Festival Teater Pelajar 2019

332

Tuban, Porosinformatif – Festival Teater Pelajar Tuban dengan tajuk ”Parade Teater 2019” diselenggarakan oleh Komite Teater Dewan Kesenian Tuban pada tanggal 18-23 November 2019 di Gedung Budayaloka Kabupaten Tuban.

“Peserta tahun ini sebanyak 19 kelompok teater dan 2 kelompok mengundurkan diri pada saat pelaksanan, sehingga total peserta pada Festival Teater Pelajar Tuban 2019 berjumlah 17 kelompok teater,” kata Kun Baehaqi Almas, S.Pd salah seorang juri dalam kegiatan tersebut kepada wartawan Porosinformatif, Minggu (24/11).

Seluruh peserta dalam kegiatan ini merupakan kelompok teater yang berada di SMA dan SMK se-Kabupaten Tuban. Berikut data peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut : Teater Samudra SMK Negeri Rengel, Teater Soko SMA Negeri Soko, Teater Nirmala MA Klotok Plumpang, Teater Hawa SMK Negeri 2 Tuban, Teater Ghatra SMK YPM 12 Tuban, Teater Lokal Pribumi SMA Negeri Senori, Teater SMK Negeri Palang, Teater Pena Armanter MA Negeri 1 Tuban, Teater D’Blozzo SMK Negeri 3 Tuban, Teater Mata SMK TJP Tuban, Teater Ijo SMK Manbail Futuh, Teater Micro SMK Negeri 1 Tuban, Teater Angin SMA Negeri 2 Tuban, Teater Air SMA Negeri 3 Tuban, Teater Laut SMK Pelayaran Muhammadiah Tuban, Teater Hitam Putih SMA Negeri 1 Tuban dan Teater Padi SMK Negeri 1 Widang. 

“Perkembangan teater pelajar di sekolah merupakan wadah siswa-siswi sekolah menyalurkan minat bakatnya untuk berkreasi dalam sebuah proses kreatif. Dimana Teater di Tuban semakin berkembang,” ujar Dodot, S.Pd salah seorang panitia kegiatan Festival Teater Pelajar Tuban 2019.

“Perkembangan-perkembangan seni teater di Kabupaten Tuban terutama dikalangan siswa sekolah dapat dideteksi dari kegiatan tahunan ini, selain munculnya para aktor/aktris muda berbakat yang dapat dikembangkan dan diasah lagi kemampuannya oleh Dewan Kesenian Kabupaten Tuban, guna mempersiapan event-event yang lebih besar di tingkat Provinsi atau Nasional,” lanjut Teguh Sutrisno, S.Pd yang juga merupakan bagian dari Dewan Kesenian Tuban Komite Teater.

Festival Teater Pelajar Tuban 2019 merupakan ajang dimana siswa dapat melatih prestasi diberbagai bidang/kategori dalam pertunjukan teater.

“Kategori pemenang yang disiapakan peserta pada tahun ini cukup banyak diantaranya, 5 kelompok penyaji terbaik, 5 sutradara terbaik, 5 aktor terbaik, 5 aktris terbaik, 5 penata artistik terbaik dan 5 penulisan naskah terbaik,” urai Fuady Kresna, Ketua Pelaksana Festival Teater Pelajar 2019 melalui sambungan jarak jauh kepada wartawan porosinformatif.com.

Kategori yang diberikan merupakan kategori yang cukup banyak, hal ini agar sekolah-sekolah dapat lebih banyak mendapatkan dan memperebutkan semua bidang yang ada di seni teater, sehingga pemahaman dan orientasi siswa-siswi sekolah tentang pertunjukan teater bukanlah sebagai pemain (aktor-aktris) semata, namun dalam struk pembentuk seni teater itu sendiri ada berbagai macam bidang mulai dari naskah hingga penata artistik yang kesemuanya merupakan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang harus diberi sebuah penghargaan setara dengan lainnya.

Selain mengikuti festival, siswa-siswi Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan yang merupakan peserta, juga mendapatkan ilmu pengetahuan tambahan dengan mengikuti Workshop Keaktoran yang dipersiapakan oleh panitia sebagai salah satu kegiatan dalam rangkaian acara Festival Teater Pelajar 2019.

Semua peserta bisa mengikuti workshop tanpa dibatasi serta kegiatan workshop ini tanpa dipungut biaya. Kegiatan workshop di hari terakhir kegiatan setelah lomba di laksanakan yaitu hari Sabtu (23/11).

Pemateri workshop tahun ini adalah Kun Baehaqi Almas, S.Pd dan Dodot, S.Pd yang keduanya merupakan alumnus drama, Jurusan Sendratasik FBS Unesa serta aktif berkegiatan di Teater Sendratasik.

Hasil dari evaluasi dewan Juri, semua kategori telah terisi oleh pemenang diantaranya penyaji terbaik diraih oleh lima kelompok yaitu : Teater Hitam Putih SMA Negeri 1 Tuban, Teater Micro SMK Negeri 1 Tuban, Teater Nirmala MA Klotok Plumpang, Teater Air SMA Negeri 3 Tuban dan Teater Angin SMA Negeri 2 Tuban.

“Kemenangan bukanlah titik akhir dalam perjalanan berproses dan berkreatifitas. Semoga hasil tahun ini merupakan cambuk dan pendorong bagi para peserta lomba agar pada tahun berikutnya lebih dapat menciptakan karya-karya yang lebih baik lagi. Selamat kepada seluruh pemenang dan Terima kasih kepada Komite Teater Dewan Kesenian Tuban yang telah berusaha keras melaksanakan kegiatan ini. Semoga tahun depan regulasi kegiatan sedemikain dapat terus dilaksanakan,” demikian pesan yang diberikan oleh Kun Baehaqi Almas, S.Pd. (indar)