Penentuan Ketua Terpilih Asosiasi Pendidik Seni Indonesia (APSI) Periode 2019 – 2023

Yogyakarta, Porosinformatif – Kali Kedua Kongres Nasional Asosiasi Pendidik Seni Indonesia Ke 4 pada hari Sabtu (14/12) agenda kegiatan telah sampai pada pembahasan permasalahan pogram kerja dan anggaran dasar serta anggaran rumah tangga yang perlu ditinjau kembali serta pengukuhan Pengurus APSI periode 2019-2023 yang telah terpilih.

Pemilihan Bakal calon ketua APSI dilakukan Jum’at malam sekitar pukul 22.00 WIB setelah terpilih dua orang bakal calon yang diusung oleh peserta Kongres. Kedua bakal calon terpilih dan disahkan oleh presidium sidang, setelah dinyatakan memenuhi persyaratan sebagai calon Ketua APSI yang tertuang dalam AD/ART Organisasi dan Tata tertib Kongres.

Dr. Djuli Djatiprambudi, M.Sn dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Dr. Drs. AM Susilo Pradoko, M.Si dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan dua bakal calon terpilih untuk mengikuti bursa pemilihan Ketua APSI periode 2019-2023. Sidang yang dipimpin oleh presidium sebanyak 7 orang melaksanakan proses pemilihan sesuai mekanisme yang telah ditentukan.

Kedua bakal calon akan memaparkan visi-misinya kedepan terhadap organisasi jika mereka terpilih menjadi Ketua APSI, pertama yang melakukan paparan visi-misi adalah Dr. Djuli Djatiprambudi, M.Sn.

Paparan tentang visi-misi yang dipersiapkan oleh Dr. Djuli Djatiprambudi, M.Sn diungkapkan secara gamblang dan rinci mulai dari program kerja pertahun hingga empat tahun kedepan.

Paparan kedua yang tidak kalah menariknya dilakukan oleh Dr. Drs. AM Susilo Pradoko, M.Si yang menitik beratkan kepada penguatan oranisasi dan program kerja kedepan.

Setelah pemaparan visi-misi oleh bakal calon, acara dilanjutkan dengan sistem pemilihan yang ditawarkan oleh pimpinan sidang kepada forum. Dua sistem pemilihan untuk mencapai mufakat yang ditawarkan adalah pemilihan secara Voting ataukah Musyawarah untuk mencapai mufakat.

Peserta sidang menyepakati untuk memilih musyawarah mufakat sebagai sistem yang dipergunakan untuk mendapatkan Ketua Baru APSI.

Setelah Musyawarah mufakat dilakukan selama kurang lebih 30 menit yang di dampingi oleh Prof. Drs Sofyan Salam, M.A., Ph.D selaku presidium dan anggota Senior dari APSI maka terpilihlah Dr. Drs. AM Susilo Pradoko, M.Si.sebagai Ketua APSI periode 2019-2023.

Semoga ketua terpilih dapat menjadikan APSI yang lebih tangguh, unggul serta menjadikan pemerintah, swasta dan masyarakat sebagai partnership guna mewujudkan semua cita-cita luhur dari organisasi APSI. (indar)