Kapolresta Denpasar Pimpin Apel Kesiapan Siaga Penanggulangan Bencana Alam

62

Denpasar, Porosinformatif – Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Ruddi Setiawan, S.IK.,SH.,MH. memimpin apel kesiapan siaga penaggulangan Bencana Alam terpadu wilayah Denpasar, Kuta dan Kuta Selatan Sabtu Pagi (4/1/2020) di halaman mako Polresta Denpasar.

Apel siaga bencana alam ini dihadiri instansi terkait tanggap bencana seperti Kodim 1611 Badung, Basarnas Kabupaten Badung, BPBD, BMKG, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehata serta Damkar kota Denpasar dan Badung.

Apel pergelaran penanggulangan bencana alam digelar untuk mengetahui kesiapan kita dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam yang ada di bali, baik dari kesiapan personel, sarana dan prasarana serta dukungan logistik dan lainnya

Kapolresta Denpasar yang membacakan amanat Kapolda Bali menyampaikan bahwa melihat dari situasi terkini cuaca maupun kondisi alam saat ini sangat susah di prediksi oleh semua orang.

Bencana alam dapat terjadi kapan saja dan sangat merugikan bagi kita semua, masalah bencana alam saat ini sudah menjadi topik yang sangat ramai di era modern, karena berbagai macam bencana alam tersebut datang tanpa disadari oleh kita, jika bencana terdeteksi tentang kejadiannya, sudah pasti kita akan segera bersiap-siap.

“Mencermati hal tersebut, kita selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat memerlukan langkah-langkah proaktif untuk membantu masyarakat yang terkena bencana, sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian,” ucap Kapolresta Denpasar.

Polri bertugas melindungi keselamatan jiwa raga, harta benda, masyarakat dan lingkungan hidup dari gangguan ketertiban dan/atau bencana termasuk memberikan bantuan dan pertolongan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia (ham).

“Bencana alam tidak bisa dicegah sehingga kita sebagai petugas sudah seharusnya siap siaga tanggap bencana dan all outserta bersinergi dengan BNPB,BPBD, TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut” Kata Kombes Ruddi Setiawan.

Dalam kesempatan tersebut Kapolresta Denpasar bersama Undangan dan pejabat Utama juga memeriksa pasukan dan alut sista penanganan bencana yang dimiliki Polresta Denpasar seperti perahu untuk patroli banjir dan alat pemotong pohon.

Reportase by : Humas Polresta Denpasar