Skor Akhir Persebaya vs Arema FC : 4 – 2 , Bawa Persebaya Susul Persija Ke Final Piala Gubernur Jatim 2020

242

Bali, Porosinformatif – Pertandingan keras yang menyebabkan banjirnya kartu kuning serta banyaknya gol yang terlesakan, mewarnai pertandingan semifinal antara Persebaya Surabaya melawan Arema Malang, Selasa (18/02) di Stadion Soeprijadi, Blitar.

Dimana Arema FC sukses melesakan gol terlebih dahulu pada menit ke 3 melalui sepakan Kapten tim Johan Alfarizi, memanfaatkan bola muntah hasil dua tendangan keras Oh In-kyun yang ditepis Rivky Mokodompit.

Pertandingan yang sarat akan rivalitas kedua team papan atas asal Jawa Timur, memaksa wasit Fariq Hitabba mengeluarkan sebelas kartu kuning dan dua kartu merah.

Ketinggalan satu gol, membuat punggawa Bajul Ijo menaikkan tempo pertandingan guna mengejar defisit gol. Tekanan demi tekanan dari Persebaya membuat Striker Asing Arema asal Argentina turun membantu pertahanan. Hingga pada menit ke 18, Jonathan Bauman terprovokasi melakukan gerakan membahayakan yang mengakibatkan ganjaran kartu merah dari wasit.

Bermain dengan sepuluh pemain, membuat ‘arek-arek Suroboyo’ semakin meningkatkan gempuran-gempuran dari kedua sayap pertahanan Singo Edan. Ditambah gocekan sang mantan Makan Konate ditengah, semakin membuat pemain bertahan Arema putus asa.

Alhasil pada menit ke 27, David Dasilva menyamakan kedudukan menjadi 1 – 1. Berawal dari akselerasi solo run dan diakhiri melewati dua pemain Arema, kabooommmmm plesing di kanan gawang Kartika Aji bola lewat tanpa pamrih.

Persebaya kemudian baru bisa happy comeback berbalik unggul 2-1 pada masa injury time babak pertama (46′).

Mahmoud Eid yang baru masuk pada menit ke-29 mencetak gol setelah memanfaatkan umpan terukur Makan Konate.

Babak pertama 2 – 1 untuk Persebaya Surabaya.

Tertinggal satu gol di babak pertama dengan sepuluh pemain, Tim Singo Edan tidak pupuskan asa. Pelatih Arema FC, Mario Gomez, langsung memasukkan Dendi Santoso dan mengganti Ridwan Tawainela pada awal babak kedua.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Arema FC malah kebobolan lagi berkat permainan tiki taka arek-arek Suroboyo, 3 – 1 Persebaya menjauh.

Irfan Jaya pemain pengganti, hanya butuh satu menit untuk memberi dampak instan dengan mencetak gol ketiga untuk Persebaya. Tendangan keras kaki kanan Irfan Jaya meluncur deras ke sisi kiri gawang Kurniawan Kartika Aji.

Persebaya mendapatkan peluang emas pada menit ke 65. David da Silva yang sudah berhadapan langsung dengan Kartika Aji gagal mencetak gol setelah tendangan cungkilnya ditepis.

Empat menit berselang David Da Silva membayar kegagalannya pada menit ke 69. Berawal dari serangan balik cepat, Irfan Jaya melakukan akselerasi dan langsung mengirimkan umpan silang ke arah kotak penalti.

Umpan tersebut disambut sundulan David da Silva yang langsung merobek gawang Kartika Aji untuk kali keempat.

Tiga menit berselang, Elias Alderte memperkecil ketertinggalan Arema FC menjadi 2 – 4.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta sampai pada injury time 4 menit. Skor 4-2 untuk kemenangan Persebaya Surabaya bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Hasil kemenangan Persebaya pada sore ini, sudah ditunggu di partai Final melawan Persija Jakarta.

Siapakah yang akan membawa Piala nantinya?

Berikut adalah susunan pemain Persebaya vs Arema FC:

Persebaya : 20-Rivky Mokodompit; 22-Aburizal Mulana, 24-Arief Satriya, 32-Rizky Rido, 77-Nasir; 89-Hambali Tholib (17-Ricky Kambuaya 56′), 96-M. Hidayat, 10-Makan Konatel 11-Supriadi (Mahmoed Eid 29′), 8-Oktavianus Fernando (41-Irfan Jaya 52′), 7-David da Silva

Pelatih: Aji Santoso

Arema FC : 96-Kurniawan Kartika Aji, 88-Vikran Akbar, 44-Nurdiansyah, 26-Taufik Hidayat, 87-Johan A. Alfarizi, 19-Hanif Sjahbandi, 7-Oh In Kyun, 92-Dave Mustain, 16-Ridwan Tawainela (41-Dendi Santoso 46′), 33-Elias Alderte, 32-Jonatan Bauman

Pelatih: Mario Gomez

Reportase by : Totok Waluyo