Dosen Cowboy Ala Roci Marciano, S.Sn., M.Sn

Roci Marciano, S.Sn., M.Sn, Dosen Cowboy ala Sekolah Tinggi Wilwatikta Surabaya, malang melintang di dunia per-Teateran Indonesia pernah menyampaikan, bahwasannya bekerja di dalam seni sama dengan mengobati diri sendiri dan orang lain.

141
Roci semasa kuliah

Surabaya, Porosinformatif – Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya yang beralamat di Perumahan Wisma Mukti Jl. Klampis Anom II, Klampis Ngasem, Kec. Sukolilo, Surabaya adalah sekolah tinggi di bidang kesenian seperti Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Murni serta Seni Teater.

Happy Family’s

Semua prodi seni sudah mengantongi akreditasi B. Sehingga untuk fasilitas maupun laboratorium akademis sudah mumpuni, guna menunjang kegiatan belajar mengajar dalam setiap prodinya.

Roci Marciano, S.Sn., M.Sn, merupakan sosok seorang dosen seni teater, yang menggunakan cara-cara pendekatan ala cowboy-an terhadap mahasiswa dan mahasiswinya, membuat proses belajar mengajar menjadi asyik dan bahagia.

Semua itu tidaklah luput dari hakikat seni sendiri. Dimana seni menurut arti katanya merupakan keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, fungsinya, bentuknya, makna dari bentuknya, dan sebagainya), seperti tari, lukisan, ukiran. Seni meliputi banyak kegiatan manusia dalam menciptakan karya visual, audio, atau pertunjukan yang mengungkapkan imajinasi, gagasan, atau keperigelan teknik pembuatnya, untuk dihargai keindahannya atau kekuatan emosinya. (disadur dari_Wikipedia.com).

In Action

Jika mengajar Roci tidak segan seperti ber – Monolog. Dia tidak segan juga bernyanyi, menari bahkan meluapkan semua gairahnya dalam hal ber – Teater. Memang tidak salah lagi, mengingat dalam masa menempuh kuliahnya di ISI Yogyakarta, Roci merupakan mahasiswa paling aktif dalam hal pemeranan.

Bakat itu tidak begitu saja didapatnya, menurutnya. Karena sempat selepas tamat dari jenjang SMA sederajat, Roci bercita-cita hendak menjadi seorang Tentara Nasional Indonesia alias TNI. Namun sayang tidak lulus dalam ujian seleksi.

Mungkin dari situlah, Roci memutuskan untuk menjadi gila dengan ber – Teater. Segala lakon sudah pernah dia rasakan. Mulai dari antagonis, protagonis hingga tritagonis. Bahkan tidak jarang, Roci tampil solo alias monolog yang membuatnya menjadi seperti sekarang ini.

Sutradara, aktor hingga menulis merupakan kegiatan yang tidak jauh dari kesehariannya. Belum lagi jika pas banyak hajatan dari teman, saudara bahkan relasi, Roci siap menjadi Host atau Pembawa Acara. Untuk bayaran sukarela, pokoknya cukup buat biaya hidup dua bulan.

Roci Marciano, S.Sn., M.Sn, Dosen Cowboy ala Sekolah Tinggi Wilwatikta Surabaya, malang melintang di dunia per-Teateran Indonesia pernah menyampaikan, bahwasannya bekerja di dalam seni sama dengan mengobati diri sendiri dan orang lain.

“Aku hanya berharap bakat ini bisa dikembangkan dengan banyak belajar dan mengenal tentang seni teater yang ada di luar sana, karena bagi ku belajar dan mengenal kesenian orang lain itu penting untuk meningkatkan kualitas seni itu sendiri. Aku hanya berharap semoga aku mendapatkan kesempatan untuk menjelajahi dunia dan keseniannya. Karena aku mencintai seni sebagai hoby dan profesi,” terangnya.

So bagi siapapun, yang membutuhkan MC Gokil …. Jangan lupa hubungi di 087739310366 atau email di roci_teater@yahoo.com.

Eitss ada yang kelupaan, Seluruh Redaksi Media Siber Online www.porosinformatif.com mengucapkan “Selamat HUT buat Roci Marciano, S.Sn., M.Sn, Semoga Sukses dan Terus Sebarkan Ilmu Teater Ke Seluruh Alam Manusia”

Reportase by : Totok Waluyo