Dibuka Hari Ini, Baca Syarat Dan Cara Daftar Keanggotaan Kartu Pra Kerja

Syarat umum merupakan WNI berusia diatas 18 tahun. Tidak sedang menjalani Pendidikan Formal. Korban pemutusan hubungan kerja serta pekerja yang ingin meningkatkan ketrampilan.

Denpasar, Porosinformatif – Komite Cipta Kerja kini mempersiapkan Program Kartu Pra Kerja bagi para pencari kerja yang terkena dampak langsung dari berkurangnya aktivitas ekonomi nasional saat pandemi Covid-19.

Tanggal 11 April 2020, pemerintah membuka kesempatan bagi WNI untuk mendaftarkan diri sebagai peserta program Kartu Prakerja.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Purbasari menyampaikan bahwa, “Program Kartu Prakerja akan menyasar sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020, dengan besaran bantuan pelatihan dan insentif yang diterima oleh masing-masing peserta sebesar Rp. 3.550.000,-. Pekerja formal/informal yang terdampak wabah Covid-19 dapat mendaftarkan diri di situs resmi program di www.prakerja.go.id“.

Besaran Rp. 3.550.000,- terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp. 1.000.000, insentif pasca pelatihan sebesar Rp. 600.000 per bulan selama empat (4) bulan dan insentif survey kebekerjaan sebesar Rp. 50.000 per survey untuk tiga kali survey dengan total Rp. 150.000 per peserta. Setiap peserta program hanya dapat mengikuti program sebanyak satu kali, untuk insentif dibayarkan setelah peserta menyelesaikan minimal satu kali pelatihan.

Adapun cara mendaftar, peserta membuat akun terlebih dahulu di situs resmi www.prakerja.go.id. Dari akun tersebut nantinya pihak Project Management Office (PMO) akan memberikan penilaian terhadap biodata dan pengalaman kerja di masing-masing akun yang sudah mendaftar.

Jika dari hasil tes atau penilaian sudah dilakukan, nantinya akan ada notifikasi di email yang didaftarkan pada akun mengenai diterima atau tidaknya. Bagi yang diterima, peserta cukup memilih tahap selanjutnya dan tinggal menunggu notifikasi lagi di email untuk persetujuan mendapatkan Kartu Prakerjanya.

Pada tahap awal, baru ada empat wilayah yang akan mengimplementasikan program Kartu Prakerja, yakni Bali, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara dan Surabaya.

Reportase by : Totok Waluyo