Siapkan Personil Untuk Karhutla, Polda Kalsel Apel Gelar Pasukan Bersama 3 Pilar

70

KALSEL, Porosinformatif – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bisa saja terjadi sewaktu-waktu baik karena alam maupun ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Polda Kalsel bersama jajaran Forkopimda Kalsel menggelar Apel Pasukan di Lapangan Polri KM 21 Banjarmasin Kalsel.

Kapolda Kalsel, Irjen Pol Nico Afinta, SIK., S.H., M.H mengatakan bahwa Apel Gelar Pasukan bersama TNI, Pemrov Kalsel dan stakeholders yang ada ini untuk melakukan pengecekan pasukan dan sarpras penanggulangan KARHUTLA di wilayah hukum Polda Kalsel (Kalimantan Selatan).

“Kami tiga pilar lakukan apel gelar pasukan dalam rangka antisipasi dan mempersiapkan diri untuk penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan yang sewaktu-waktu bisa terjadi,” jelas Irjen Pol Nico usai Apel Gelar Pasukan, Jumat (12/6/20).

Selain itu, lanjut Irjen Nico apel gelar pasukan yang dipimpin 3 pilar (Gubernur Prov Kalsel, Kapolda Kalsel dan Danrem 101/Ant) ini juga untuk mengetahui jumlah kekuatan personil dan sarana prasarana yang akan digunakan.

“Kita melatih kesiap siagaan menghadapi bencana karhutla dan mengecek keterampilan dan penguasaan peralatan yang akan digunakan,” tambah Irjen Pol Nico.

Sedang untuk antisipasi penanganannya, Polda Kalsel akan mengedepankan giat preemtif dan preventif dari awal sebelum terjadi karhutla.

“Kita mendorong peran serta masyarakat khususnya para Tokoh Masyarakat (Tomas),Tokoh Agama (Toga), Tokoh Pemuda para pelaku usaha untuk bersama-sama mengantisipasi karhutla didaerahnya masing-masing,” jelas Irjen Pol Nico.

Masih menurut Kapolda Kalsel, bahwa pihak Polda Kalsel bersama TNI dan dinas terkait, tetap komitmen membangun soliditas dan sinergitas dengan unsur TNI, Pemda Prov, SKPD kab/kota dalam menghadapi bencana karhutla.

Adapun untuk mempercepat informasi dan responsif terkait Karhutla, Polda Kalsel mensosialisasikan aplikasi “Lancang Kuning”, yang bisa didownload dan digunakan oleh anggota dalam menangani karhutla.

Untuk diketahui, Apel Gelar Pasukan yang digelar tersebut dihadiri oleh Gubernur Prov Kalsel, Ketua DPRD Prov Kalsel, Danrem 101/Ant, Dan Lanud Syamsuddin Noor, Dan Lanal Banjarmasin, seluruh PJU Polda Kalsel, Kapolresta Banjarmasin, Kapolres Banjarbaru, Kapolres Banjar, Kapolres Barito Kuala , Kapolres Tanah Laut, Kepala Pelaksana BPBD Prov Kalsel, Kepala BMKG Kalsel, Kepala Dinas Terkait Karhutla.

Editor : Totok Waluyo
Reportase : Dwi Nurhadi