Sentuhan Personal Melalui Media Daring LSPR Selenggarakan Orientasi Mahasiswa Baru

130

Jakarta, Porosinformatif – Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, LSPR Communication & Business Institute menggelar kegiatan orientasi mahasiswa baru, Jumat (26/6/2020). Sesuai panduan umum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam kondisi pandemi COVID-19 kegiatan orientasi mahasiswa baru diselenggarakan secara daring.

Arahan tersebut memandu LSPR dalam mengemas kegiatan orientasi kepada 600 mahasiswa baru. Pengenalan kegiatan akademik dan non akademik ini dilaksanakan secara profesional dengan tetap memberikan sentuhan personal.

Bertajuk “LSPR Freshman Virtual Orientation 2020”, kegiatan orientasi mahasiswa baru ini merupakan gelombang pertama dalam proses pengenalan kampus LSPR di masa PSBB transisi menuju tatanan baru. Secara daring, kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 shift yaitu shift pertama dimulai pukul 08.00 WIB dan shift kedua pada pukul 13.00 WIB.

Acara dibuka oleh Founder and CEO LSPR Communication & Business Institute Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR. Selanjutnya, Rektor LSPR Dr. Andre Ikhsano, turut mengambil waktu untuk memperkenalkan atmosfer akademik yang terbangun di LSPR kepada mahasiswa baru. LSPR juga dikenal dengan konsep kampus merdeka yang diurai oleh Wakil Rektor I LSPR Dr. Janette M. Pinariya.

Berbagai kegiatan di bidang kemahasiswaan tentunya menjadi daya tarik lainnya yang senantiasa menjadi bagian dari kegiatan di lingkungan kampus. Topik terkait hal tersebut dipaparkan oleh Wakil Rektor III Taufan T. Akbari, Ph.D.

“Orientasi seperti ini merupakan proses adaptasi dalam rangka penerimaan mahasiswa baru, pengenalan kampus, budaya belajar, kegiatan kemahasiswaan, tata cara dan peraturan serta regulasi kampus yang dikemas dalam bentuk orientasi virtual,” jelasnya.

Taufan menambahkan, persiapan yang dilakukan dalam menyelenggarakan kegiatan ini adalah mengirimkan paket khusus kepada mahasiswa baru. “LSPR mengirimkan paket yang berisi T-Shirt LSPR, hand sanitizer dan berbagai informasi tentang LSPR yang dikirimkan langsung ke alamat rumah masing-masing. Hal ini kami lakukan guna menyapa mahasiswa baru dengan sentuhan personal. Kami tetap ingin menyapa hangat para mahasiswa meski harus menyelenggarakan kegiatan orientasi ini secara daring mengingat masa pandemi COVID-19,” ujarnya.

Sebelumnya, LSPR juga menerima Panduan Umum Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2020 melalui surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi. PKKMB merupakan wahana bagi pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menenempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Pada tahun 2020 dengan kondisi pandemi COVID-19, kegiatan PKKMB dilaksanakan secara daring dengan menyesuaikan kondisi di masing-masing wilayah Perguruan Tinggi.

Kegiatan orientasi mahasiwa baru secara daring, tahun ini adalah pertama kalinya dilakukan oleh hampir seluruh kampus di seluruh dunia termasuk LSPR Communication & Business Institute. Namun tidak mengecilkan makna yang ingin dibangun oleh LSPR sebagai bentuk apresiasi sekaligus bentuk adaptasi kepada seluruh mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021.

Prita memastikan bahwa kemasan kegiatan dengan menggunakan media daring, tetap mengutamakan kualitas dan sentuhan personal kepada seluruh bagian sivitas akademika yang baru saja bergabung dengan LSPR di tahun ini.

“Orientasi ini dilaksanakan dengan hikmat dan hangat layaknya bertatap muka secara langsung dengan para mahasiswa baru. Melalui media baru, LSPR melukiskan profesionalitas dan kualitas kegiatan akademik dan non akademik di lingkungan LSPR. Kami menyambut mahasiswa baru dengan kehangatan, karena kami yakin mereka akan merangkai cerita indah hingga nanti menyelesaikan study di LSPR,” tutupnya.

Sekilas LSPR

London School of Public Relations – Jakarta berdiri sejak 1 Juli 1992 adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan program sarjana ilmu komunikasi yang terbagi atas enam konsentrasi pilihan yaitu, Public Relations, International Relations, Marketing, Mass Communication, Digital Media Communication & Advertising dan Performing Arts Communication, serta program pasca sarjana yang terbagi menjadi empat konsentrasi yaitu Corporate Communication, Marketing Communication, International Relations Communication dan Mass Media Management.

Saat ini LSPR – Jakarta memiliki 20.000 lulusan serta sebanyak 6.536 mahasiswa dan mahasiswi aktif.

Data LSPR Career Centre menunjukkan tingkat serapan lulusan LSPR – Jakarta di dunia kerja mencapai 90% lulusan. LSPR Career Centre selain menyelenggarakan seminar dan pelatihan, menyediakan informasi lowongan pekerjaan, juga membantu menyalurkan para alumni ke bidang pekerjaan yang mereka inginkan baik dalam dan luar negeri.

Sejak tahun 2002, LSPR selalu mendapat pengakuan dari Badan Akreditasi Nasional dengan nilai A. Untuk program S1 LSPR telah mendapat pengakuan internasional dari lembaga akreditasi internasional yakni The London Chamber of Commerce and Industry Examination Board (LCCI) United Kingdom dan City and Guilds UK. Sedangkan untuk Program S2, LSPR menjalin kerjasama dengan Edith Cowan University Australia dan City and Guilds UK.

Pada 9 November 2016, LSPR telah menerima surat keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 345/M/KPT/2016 mengenai tentang penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada lingkup program studi Ilmu Komunikasi.

LSPR juga mendapatkan tiga penghargaan dari KEMENRISTEK DIKTI pada tanggal 30 November 2016 dengan predikat Peringkat I di Kalangan Sekolah Tinggi untuk Aspek Kelembagaan, Peringkat I di Kalangan Sekolah Tinggi untuk Aspek Kemahasiswaan dan Peringkat II di Kalangan Sekolah Tinggi untuk Aspek Ketenagaan.

Kemudian LSPR bertransformasi menjadi Institut Komunikasi dan Bisnis atau LSPR Communication & Business Institute berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan Nomor 1035/KPT/I/2019.

Surat keputusan tersebut diberikan oleh Bapak Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T (Plt. Kepala Lembaga LLDIKTI Wilayah III) dan diterima oleh LSPR Manajemen pada Hari Selasa, 12 November 2019 di Kantor LLDIKTI Wilayah III Jakarta.

LSPR kini menyelenggarakan 7 (tujuh) Program Studi, yaitu Ilmu Komunikasi Program Magister, Ilmu Komunikasi Program Sarjana, Ilmu Komunikasi Program Sarjana Program Pendidikan Jarak Jauh yang diselenggarakan di Provinsi Bali, Desain Komunikasi Visual Program Sarjana, Manajemen Program Sarjana, Pariwisata Program Sarjana, dan Bisnis Jasa Program Sarjana.

Editor : Totok Waluyo
Sumber : Humas LSPR Jakarta