Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia (KMSI) FBS Universitas Negeri Yogyakarta Menggelar Acara Virtual Membaca Puisi

Surabaya, Porosinformatif – Sejak pandemi Covid-19 melanda Negara Kesatuan Republik Indonesia, banyak kegiatan yang harus ditunda bahkan dibatalkan. Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia (KMSI) Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta mulai mengubah semua kegiatan dengan cara virtual, sejak bulan ramadhan KMSIFBSUNY menggelar kegiatan “Jumming From Home#1 (11-12/04), Jumming From Home#2 (15-17/05) dan Jumming From Home#3 (22/05)” yakni kegiatan membaca puisi dari rumah bagi para anggota KMSI seluruh Indonesia.

Dr. Else Liliani, S.S., M.Hum selaku Kaprodi Sastra Indonesia FBS UNY menjelaskan kepada Wartawan Porosinformatif melalui sambungan langsung jarak jauh, bahwa kegiatan KMSI FBS UNY tidak hanya menggelar pembacaan puisi secara daring berskala Nasional saja, namun juga membuat kegiatan berskala Internasional. Kegiatan yang melibatkan 6 negara yaitu: Malaysia, Cina, Italia, Thailand, Mesir dan Indonesia digelar dengan tajuk United Nations in Poem yang digelar tanggal 19 hingga 21 Juni 2020.

Kini KMSI FBS UNY sedang mempersiapakan kegiatan Puisi Aku Padamu#2 yang akan melibatkan mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia. Setelah sukses menggelar kegiatan Puisi Aku Padamu#1 yang dilaksanakan pada (27/06) dengan melibatkan dosen dari berbagai Perguruan tinggi di Indosesia untuk membacakan Puisi secara daring. Para penampil pada kegiatan ini diantaranya: Dr. Iva Ariani (UGM), Dr. Yulianeta (UPI Bandung), Dr. Baban Banita (UNPAD Bandung), Dr. Deden Haerudin (UNJ), Indar Sabri,S.Sn.,M.Pd (UNESA), Fitri Meilawati (UAD Yogyakarta) dan Dwi Budiyanto (UNY).

Acara yang di mulai pukul. 20.30 WIB ini digelar dengan mekanisme pembacaan puisi secara bergiliran dan sehabis pembacaan puisi akan diadakan diskusi antar para peserta. Satu hingga dua puisi dibacakan oleh para peserta secara bergiliran hingga kegiatan selesai sekitar pukul 22.00 WIB.

“Tanpa terasa karena acara ini dikemas santai, akrab dan penuh dengan suasana kekeluargaan. Semoga kegiatan KMSI FBS UNY berikutnya akan berjalan lancar dan sukses,” ujar salah seorang peserta.

Reportase: Indar Sabri
Editor : Totok Waluyo