Kodim 1616/Gianyar Gelar Penyuluhan Kesehatan

31

Gianyar, Porosinformatif – Kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 108 yang dilaksanakan di Banjar Singaperang Desa Buahan Kaja dan Banjar Saren Desa Kerta Kec. Payangan Kab. Gianyar telah memasuki pekan ke 3.

Kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan non fisik adalah Penyuluhan Kesehatan di Gata Desa Buahan Kaja Kec. Payangan Kab. Gianyar, sebagai narasumber dari Dinas Kesehatan Kab. Gianyar.

Dalam sambutannya, dalam acara tersebut Bendesa Adat Br. Gata I Ketut Duliadana mengucapkan terimakasih kepada TNI dan tim penyuluhan Dinas Kesehatan Kab. Gianyar untuk memberikan penyuluhan kepada warga.

Penyampaian dari Narasumber/pemberi Materi Penyuluhan oleh Kasi Pemkes Gusti Ngurah Krisna SKM. M.Kes. Diskes Kab. Gianyar mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan Tim Satgas TMMD Kodim 1616/Gianyar.

“Tim Kesehatan memperkenalkan apa itu coronavirus. Dimana awalnya muncul dari wilayah Cina dan seperti apa gejalanya yang diderita dan bagaimana caranya biar tidak tertular dari virus tersebut,” terangnya.

New normal telah diterapkan dalam kehidupan mayarakat dengan menerapkan social distancing. Dimana Pandemi Covid-19 merubah tatanan masyarakat dunia. Guna mencegah penularan wabah virus corona yang meluas dan diimbau bahkan dipaksa untuk tinggal di rumah. “Sekolah, bekerja bahkan beribadah pun dianjurkan untuk dilakukan di rumah saja,” imbuhnya.

Virus Corona/Covid 19, merupakan saudara dari Sar, penyakit yang menular dan belum ditemukan obatnya.

Adapun gejala penyakit tersebut adalah demam, batuk pilek, letih lesu, sakit tengorokan serta gangguan pernapasan/sesak napas.

Untuk Penularan virus melalui :

  • Droplet/tetesan cairan yang berasal dari batuk dan bersin.
  • Kontak pribadi seperti menyentuh dan jabatan tangan.
  • Menyentuh benda di tempat umum/ keramaian.

“Pencegahan agar tidak tertular ada tidaknya Virus Corona itu, kita tetep mengikuti aturan pemerintah dengan tiga ketentuan yaitu: selalu mengunakan masker apabila berpergian, cuci tangan setiap sebelum dan sesudah beraktivitas serta jaga jarak minimal 1 meter dan hindari tempat keramaian,” jelasnya.

Tampak hadir Kasi Kesling Dinkes kerja dan olah raga I Wayan Bandem, S.Si, Kasi pemkes Gusti Ngurah Krisna SKM. M.Kes, Kasi Alkes I Ketut Bambang Suandi SKM, Danramil 1616-07/Payangan Kapten Inf I Wayan Sumerta, Babinsa Desa Buahan Kaja Sertu Rudiarsa, Bendesa adat Br. Gata I Ketut Duliadana, Klian adat Br. Gata I Wayan Tena, Ketua pecalang Br. Gata Made Budal serra Warga masyarakat Banjar Gata.

Editor : Totok Waluyo
Sumber : Kodim 1616/Gianyar