Pelayanan Prima Puskesmas Tarik Jadi Prioritas Di Tengah Pandemi Covid-19

157

Sidoarjo, Porosinformatif – Pusat Kesehatan Masyarakat yang biasa disebut Puskesmas, merupakan garda terdepan dalam menyelamatkan dan menangani masyarakat sekitarnya. Hal ini bukanlah tanpa dasar, mengingat visi misi daripada Puskesmas Tarik adalah mewujudkan pelayanan nyaman, aman serta berkeadilan.

dr. Maulana M. Fathir, Kepala Puskesmas Tarik kepada Porosinformatif menegaskan, bahwa sebagai ASN memang sudah menjadi tugas utama melayani masyarakat dengan baik, hal ini sesuai dengan mandat yang tertera dalam UUD 45.

“Visi misi benar-benar menjadi prioritas. Puskesmas Tarik telah melakukan sesuai standar Nasional untuk operasional bukan awur-awuran. Kami berharap puskesmas bisa menjaga kesehatan masyarakat. Dan kedepannya semoga bisa lebih meningkatkan SDM lagi,” ujarnya seraya menambahkan bahwasannya ilmu itu harus dipraktekan.

Maulana bersyukur meski di tengah pandemi yang melanda, Puskesmas Tarik masih bisa beroperasi melayani masyarakat. “Padahal tidak sedikit Puskesmas di tutup sementara saat pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Puskesmas Tarik sangat terbuka dengan segala kritik dan saran dari masyarakat demi kebaikan selanjutnya. Ungkapan yang terlontar dari Kepala TU Puskesmas Tarik di waktu dan tempat yang bersamaan.

“Kami selalu mengupayakan kenyamanan dan keamanan masyarakat di Puskesmas ini. Disini kami juga sediakan taman bermain untuk anak-anak. Intinya yang sehat dan yang sakit bisa merasakan kenyamanan,” ungkap Misman S. Selaku Kepala TU.

Saat disinggung perihal pelayanan terhadap pasien yang menggunakan BPJS, Misman menyampaikan bahwasannya baik itu tenaga medis maupun obat-obatan semuanya gratis.

“Namun tidak semua obatnya gratis. Ada beberapa yang tidak termasuk dalam daftar BPJS,” jelasnya.

Misman berharap dan menghimbau agar masyarakat bisa secara mandiri menjaga kesehatannya, apalagi di tengah pandemi Covid-19.

Adapun keluhan dari masyarakat, dimana sudah merasa menggunakan BPJS masih saja dikenakan biaya untuk obatnya, Misman sudah menjelaskan kepada pasien secara gamblang.

Jihan Kusuma Wardhani, seorang ibu muda yang melahirkan anaknya pada pukul 08.20 Wib. Dimana dalam proses melahirkannya dibantu oleh Bidan Nurhayati AMD S. Keb, berharap agar nantinya BPJS bisa meng-cover segala biaya masyarakat pengguna BPJS. Sehingga pada prakteknya, masyarakat agar tidak kelimpungan dan merasa keberatan saat berobat.

Editor : Totok Waluyo
Reportase : Roci Marciano