Penguatan Ketahanan Masyarakat Oleh Universitas Negeri Surabaya

93

Surabaya, Porosinformatif – Jurusan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya menggelar Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Membangun Ketahanan Masyarakat Lidah Wetan di Era Pandemi”, Sabtu (15/08).

Kegiatan yang diprioritaskan guna membantu masyarakat terdampak Covid-19. Sekaligus merupakan salah satu kegiatan untuk mendukung program besar Unesa dengan dibentuknya Unesa Crisis Center (UCC). “Hal ini agar bisa lebih mengoptimalkan peran Unesa dalam koordinasi membantu masyarakat, terlebih di tengah pandemi dunia,” terang Arif Hidajad, S.Sn.,M.Pd selaku ketua pelaksana program PKM ini kepada wartawan porosinformatif.

Arif menjelaskan, bahwa dalam PKM kali ini disiapkan 130 paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat Lidah Wetan, Pondok Pesantren serta Takmir masjid di wilayah sekitar.

Desa Lidah Wetan, Kecamatan Wiyung merupakan kawasan padat penduduk yang berbatasan langsung dengan kampus Unesa.

Lebih lanjut Dra. Jajuk Dwi Sasanadjati, M.Hum dan Drs. Bambang Sugito, M.Sn sebagai anggota menjelaskan, bahwa imbas daripada pelaksanaan perkuliahan secara daring, sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat sekitar kampus.

“Usaha seperti warung makan, kost-kostan dan foto copy mengalami hambatan dengan tidak adanya mahasiswa yang hadir di kampus,” ujar mereka seraya menyampaikan, selain membagikan sembako kami juga membuat sebuah karya berbentuk Video.

Video berisikan edukasi pelatihan olah tubuh dengan gerak sederhana yang dikemas dalam bentuk pertunjukan. “Sehingga masyarakat diharapkan dapat melakukan gerakan-gerakan tersebut di rumah dengan senang untuk meningkatkan imun dalam tubuhnya,” terangnya.

Tampak hadir dalam acara, sekelompok dosen Jurusan Sendratasik yang terdiri dari Arif Hidajad, S.Sn.,M.Pd; Dra.Jajuk Dwi Sasanadjati, M.Hum; Drs. Bambang Sugito, M.Sn; Dr. Setyo Yanuartuti, M.Hum; Dr. Autar Abdillah, M. Si dan Dr. Trisakti, M.Si serta di bantu Mahasiswa.

Editor : Totok Waluyo
Reportase : Indar Sabri