Peringati Hari Kemerdekaan RI Menuju Desa Wisata Mandiri Dan Desa Anti Narkoba

89

Buleleng, Porosinformatif – Desa Kayu Putih Kecamatan Banjar, Buleleng memaknai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun 2020 dengan bertekad mewujudkan Desa Wisata Mandiri oleh seluruh jajaran perangkat desa (dinas maupun adat).

Sesuai tema dalam memperingati Hari Kemerdekaan tahun 2020 yakni Indonesia Maju. I Made Sudiarta, Perbekel Desa Kayu Putih menegaskan, bahwa selain daripada tujuan menjadikan Desa Kayu Putih sebagai Desa Wisata Mandiri. Desa Kayu Putih juga merupakan Desa Anti Narkoba.

“Dua misi yang akan terus didengungkan kepada masyarakat maupun pemerintah, bahwa kami beserta jajaran desa akan terus menggaungkan dan mewujudkan Desa kami menjadi Desa Wisata Mandiri dan Desa Anti Narkoba,” terangnya kepada awak media di rumahnya, Sabtu (15/08).

Sejalan dengan arahan Pemerintah, dimana pada bulan Agustus 2020 ini tidak diperkenankan mengadakan suatu acara peringatan yang cenderung mengumpulkan massa.

“Meski dari aturan Gubernur atau Presiden sudah dinyatakan New Normal. Tapi untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan terkait adanya virus Covid-19, maka tahun ini kami tidak mengadakan kegiatan apapun,” jelasnya seraya menunggu situasi dan kondisi kembali benar-benar sehat dan normal.

Bagaimanapun juga dalam memperingati Hari Kemerdekaan tidak harus mengumpulkan massa, mengingat kondisi Negara masih dilanda pandemi.

“Dengan berdo’a dan bersama-sama membangun desa serta terus melawan adanya Narkoba, itu juga merupakan wujud nyata dalam hal menghormati jasa para pahlawan,” ujar Perbekel yang murah senyum.

Made Sudiarta berharap kepada segenap masyarakat desa (tanpa terkecuali) agar lebih menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dimulai dari lingkungan keluarga. Menjaga anak-anak untuk tidak mengenal apa itu yang namanya Narkoba. Serta bergotong royong dalam membangun desa menjadi Desa Wisata Mandiri dan Desa Anti Narkoba.

Editor : Totok Waluyo
Reportase : Totok Waluyo