“Kalut” Judul Film Pendek Teradaptasi Dari Kegelisahan Pribadi Sang Sutradara

39

Surabaya, Porosinformatif – Seni merupakan ungkapan ekspresi seseorang yang dituangkan pada berbagai medium. Ungkapan yang disampaikan oleh Prof. Bambang Sugiharto. Berawal dari kegelisahan diri pribadi, M. Afif seorang Mahasiswa semester akhir, mengungkap ekspresi imajinasi pikirannya dengan menggunakan medium audio visual, sehingga tercipta sebuah karya film pendek berjudul “Kalut”.

Film pendek yang berdurasi 8.39 menit ini, awal diunggah pada kanal pribadi Youtube Ibnu Syahruroji pada 25 Agustus 2020. Film yang didedikasikan untuk anak yang sedang resah menghadapi sistem pendidikan di tengah pandemi COVID-19.

“Film ini terinspirasi dari kegelisahan saat ini. Sebagai Mahasiswa tingkat akhir dan sedang mempersiapkan skripsi,” ujarnya seraya menjelaskan, bahwa sistem pembelajaran serta banyak kebijakan lainnya dari berbagai institusi pendidikan dan pemerintahan ketika memasuki masa pandemi ini membuat dirinya ikut terkejut dan berusaha untuk menyesuaikan.

“Ibnu yang juga merupakan seorang Mahasiswa semester akhir dan juga tokoh utama dalam film ini, dapat dengan cepat memahami naskah terutama pada pencapaian emosi dan karakter,” imbuh Afif kepada Wartawan Porosinformatif.

Lebih lanjut Afif menyampaikan, karakter Ibnu sendiri sangat ber-korelasi dengan kehidupan kesehariannya. “Dia adalah Mahasiswa asal Kalimantan yang tidak dapat pulang kampung sejak masa pandemi berlangsung di Indonesia. Kegelisahan dan emosi yang dialami oleh Ibnu secara pribadi menjadikannya piawai dalam memerankan tokoh anak TK/Mahasiswa di film ini,” terangnya.

Kreativitas seorang pemuda seperti Afif dan rekan-rekannya dalam menyampaikan kegelisahan yang dialami melalui penciptaan sebuah karya film, walaupun dengan keterbatasan perangkat serta ruang gerak dalam proses penciptaannya, membuat karya film ini layak untuk di apresiasi.

Semoga film berjudul Kalut yang syarat dengan berbagai pesan dan makna ini dapat diapresiasi dengan baik oleh para pecinta film, hingga mencapai sebuah katarsis dalam diri dan mendapatkan berbagai pesan positif baik yang tersirat maupun yang tersurat.

Editor : Totok Waluyo
Reportase: Indar Sabri