Parade Teater Virtual Jawa Timur 2020 Digelar Disbudpar Provinsi Jatim

35

Surabaya, Porosinformatif – Namun pada Parade Teater Jatim kali ini, konsep pertunjukan yang akan disajikan peserta yang lolos seleksi berupa Teater Virtual.

UPT. Taman Budaya didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam hal ini Direktorat Jenderal Kebudayaan, fokus pada pola kegiatan gelar seni yang menampilkan berbagai potensi seni budaya dan jenis kesenian yang masih berkembang di masyarakat, utamanya yang ada di Jawa Timur.

Hario Widyoseno, S.Sn.,MA. Kepala Seksi Penyajian Seni Budaya Di UPT Taman Budaya menyampaikan, bahwa hal tersebut merupakan bagian dari upaya reaktualisasi dan representasi kekayaan seni budaya yang masih ada, sekaligus mengapresiasikannya kepada masyarakat luas.

“Sesuai dengan visi Taman Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur yaitu: “Terwujudnya Taman Budaya terpercaya dan terdepan dalam melestarikan, mengelola, dan mengembangkan seni budaya yang ada di Jawa Timur,” ujarnya.

Kegiatan Parade Teater Jawa Timur tahun 2020 ini akan diikuti oleh kelompok-kelompok teater dari berbagai daerah di Jawa Timur yang telah mengajukan diri, melalui video karya yang dikirim oleh kelompok atau group teater dan kemudian akan dilakukan seleksi oleh Kurator yang telah ditunjuk.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk solusi atas situasi dan kondisi yang terjadi yakni, tetap menciptakan ruang untuk menemukan hal kreatif dan inovatif “melalui panggung virtual”. “Maka Parade Teater kali ini, memberikan tawaran kepada para kreator untuk menggunakan, sosial media seperti youtube sebagai panggung, yang akan menampilkan karyanya secara live stream (siaran langsung) atau taping (siaran tunda),” imbuhnya.

Sehingga yang diharapkan, tetap terwujud kualitas keaktoran, tata busana, tata cahaya, setting artistik, naskah lakon dan gaya penyutradaraan yang bisa ditawarkan untuk mewujudkan totalitas dalam segala aspek penciptaan melalui teater virtual.

Senada dengan Hario, Ketua Panitia Mamik Suryani, S.Sn menerangkan, bahwa tema Parade Teater Virtual 2020 yakni, mengkukuhkan dan mempererat rasa persatuan dan kesatuan. Merespon situasi dan kondisi yang terjadi, dan yang bergejolak di masyarakat, untuk memberikan motivasi dalam pembangunan mental survive, memperkuat watak dan karakter dalam Berbangsa dan Berbudaya.

“Sehingga Seni menjadi sarana pengetahuan dan menjadi sarana keindahan di dalam kehidupan,” katanya.

Adapun tujuan terselenggaranya Parade Teater adalah mendorong karya-karya seni teater yang kreatif, inovatif dan memiliki kedalaman nilai, membangun ruang ekspresi dan apresiasi bagi pelaku seni teater dan masyarakat penikmat, memperkuat jejaring dan sinergi antar pelaku seni dan stakeholder dalam membangun kehidupan seni yang lebih baik.

“Untuk Peserta Parade Teater 2020 adalah 6 (enam) Group Teater yang ada di Jawa Timur yang dipilih melalui seleksi naskah, konsep garap dan video karya dalam bentuk pementasan dan akan dinilai oleh Tim Kurator dan Dramatur,” terangnya.

Editor : Totok Waluyo
Reportase : Roci Marciano