Danrem 163/Wira Satya Beri Wawasan Via Daring Kepada Maba Sekolah Tinggi Farmasi Mahaganesha Tahun Akademik 2020/2021

62

Ada tiga hal yang disampaikan Danrem 163/Wira Satya saat menjadi Narasumber dalam rangka kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Sekolah Tinggi Farmasi Mahaganesha Tahun Akademik 2020/2021 yang mengusung tema “Mewujudkan Generasi Pharmalist Yang Aktif Dan Kreatif Di Era Revolusi Industri 4.0”.

Denpasar, Porosinformatif – Sebagai Narasumber dalam webinar yang digelar Sekolah Tinggi Farmasi Mahaganesha Denpasar, Jumat (11/09/2020) pekan kemarin, Komandan Korem (Danrem) 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., menyampaikan materi dengan topik “Strategi Bela Negara Generasi Milenial Untuk Mempertahankan Integritas Nasional Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.00”.

Dari materi yang disampaikan oleh Danrem 163/Wira Satya ada tiga point penting yang di garis bawahi yaitu bela negara, generasi milenial dan revolusi industri 4.0.

“Dalam hal ini setiap warga negara termasuk generasi muda mahasiswa harus memahami sejarah dan dasar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD Negara RI 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” sebut Danrem.

Menurutnya, untuk kepentingan menjaga eksistensi kedaulatan negara, maka bela negara diatur dalam sebuah perundang-undangan suatu negara, tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen bangsa, termasuk TNI sebagai komponen utama dalam bela negara.

Terkait generasi milenial merupakan generasi yang hidup di era perkembangan ilmu pengetahuan teknologi, “generasi milenial itu tahun kelahirannya antara tahun 1980-2000, berusia antara 18 – 38 tahun dan ketergantungan dengan internet dan pengguna media sosial,” ujar Jenderal Bintang Satu ini.

Implementasi bela negara disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada dalam upaya mewujudkan integritas nasional. “Lebih-lebih pada era Revolusi Industri 4.0 banyak dampak positif yang dirasakan dan tidak sedikit pula yang menyesatkan akibat ulah manusia yang bersifat apatis dan destruktif,” pungkas Danrem.

Pihak Kampus Sekolah Tinggi Farmasi Mahaganesha melalui Ketuanya apt. Kadek Duwi Cahyadi, M.S.I., mengucapkan terima kasih kepada Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., yang telah memberikan wawasan kepada peserta Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Sekolah Tinggi Farmasi Mahaganesha.

Tentunya ini sangat memberikan wawasan pengetahuan terkait strategi bela negara generasi milenial untuk mempertahankan integritas nasional dalam menghadapi revolusi Industri 4.0.

Editor : Totok Waluyo
Sumber : Kapenrem 163/Wira Satya