Tebar Puluhan Ribu Ikan Lele, Upaya Jaga Ketahanan Pangan Kodim 1616/Gianyar

21

Ketahanan masyarakat bagus dan terjaga, maka ketahanan negara juga baik, sehingga akan mampu menghadapi segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan (AGHT) terhadap kedaulatan NKRI.

Gianyar, Porosinformatif – Hal ini ditegaskan Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro dalam giat bakti sosial mengembangkan budidaya perikanan dengan menebar benih ikan lele sejumlah 40 ribu ekor pada hari Senin (14/09/2020) di Banjar Batur Sari, Lingkungan Batur Sari, Kelurahan Bitera, Gianyar.

Sebagai wujud upaya Kodim 1616/Gianyar dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan, juga merupakan salah satu program kerja dalam rangka Bakti Sosial Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2020, dengan tema “Peran TNI wujudkan pemberdayaan masyarakat yang mandiri dan sejahtera”.

“Satuan Komando Kewilayahan atau Satkowil sebagai ujung tombak TNl AD dalam melaksanakan pembinaan teritorial dengan melaksanakan langkah-langkah kongkrit di wilayah yang implementasinya diwujudkan dengan kegiatan Bakti TNI.” jelas Dandim seraya menambahkan, bahwa secara umum kegiatan tersebut bertujuan untuk mengatasi kesulitan rakyat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sehingga diharapkan dapat terwujudnya Kemanunggalan TNI dan Rakyat,” imbuhnya.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro, Waka Polsek Gianyar AKP I Nyoman Susila, Penyuluh Lapangan Perikanan dan Kelautan RI Kab. Gianyar I Wayan Tagel, Camat Gianyar I Wayan Widana, SSTP, Lurah Bitera I Gede Bagiada, Bendesa Adat Batur Sari Dewa Nyoman Gede serta warga masyarakat Lingkungan Batur Sari.

Bendesa Adat Batur Sari, Dewa Nyoman Gede menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Kodim 1616/Gianyar karena telah mendukung program-program terkait dengan pemberdayaan budi daya ikan.

“Semoga kedepannya bisa bermanfaat untuk mendukung ketahanan pangan masyarakat kami, meski masih dalam kondisi ekonomi di tengah COVID-19,” kata Dewa Nyoman Gede.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, akan dapat memotivasi masyarakat Batur Sari untuk lebih berkembang dalam melaksanakan budi daya ikan.

Editor : Totok Waluyo
Sumber : Kapenrem 163/Wira Satya