“Sumpah Kumbakarna” Wujud Dedikasi Nasionalisme dan Semangat Belajar

Editor : Totok Waluyo | Reportase : Totok Waluyo

Denpasar, Porosinformatif“Satu detik pun, jangan pernah terbersit dalam pikiran untuk menghancurkan negeri ini. Jangan mau terhasut oleh apapun” pesan tersirat dalam puisi berjudul “Sumpah Kumbakarna” karya Denok Kristianti sebagai mahakarya yang sangat aktual dibaca dan dijadikan bahan perenungan.

Puisi yang selalu dibaca Ny. Putri Koster ini memiliki makna mendalam, mengingatkan dan mengajak siapa saja untuk mencintai dan membela negaranya tanpa syarat.

Ajakan tersebut disampaikannya saat memberi sambutan pada kegiatan Bali Virtual Field Trip Sekolah Dian Harapan, Lippo Village Tangerang melalui aplikasi Microsoft Teams di Kediaman Gubernur Bali Jayasabha, Rabu (18/11/2020).

Lebih jauh Ny Putri Koster menyampaikan, semangat nasionalisme tidak boleh hilang dalam diri setiap anak bangsa. Karena hal itu merupakan modal bagi upaya mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kegiatan ini sebagai ide kreatif di tengah pandemi Covid-19,” katanya.

Selain itu juga bisa lebih memperkenalkan Bali kepada siswa Sekolah Dian Harapan.

“Sebelum bisa berkunjung secara langsung ke Bali, adik-adik bisa lebih mengenal dulu secara virtual. Pahami dulu tentang Bali, seperti pepatah tak kenal maka tak sayang,” ucapnya.

Mengakhiri sambutannya, Ketua TP PKK Provinsi Bali ini berharap setelah pandemi siswa Sekolah Dian Harapan bisa berkunjung secara langsung dan menikmati keindahan alam Bali.

Wisata virtual Sekolah Dian Harapan ke Bali dirancang sedemikian rupa, sehingga 95 anak yang mengikuti dari rumah masing-masing serasa diajak langsung menjelajahi sejumlah tempat di Bali.

Seperti layaknya wisata sungguhan, pihak penyelenggara menampilkan visual proses perjalanan mulai dari naik pesawat hingga mengunjungi sejumlah objek wisata di Bali.(*)