Trisno Nugroho : Perkuat SDM Demi Kemajuan dan Kesejahteraan Bangsa

Editor : Totok Waluyo | Reportase : Totok Waluyo

Denpasar, Porosinformatif – Keberhasilan mempersiapkan sumber daya manusia menjadi kekuatan bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa sangat diperlukan. Hal ini disampaikan Kepala Perwakilan wilayah Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho saat membuka Leadership Bootcamp Genbi di Mako TNI AL Denpasar, Kamis (19/11).

Menurutnya, keberhasilan suatu bangsa tercipta karena adanya putra-putri berkarakter cerdas, terampil dan berdaya juang serta bersaing tinggi berlandaskan semangat kebangsaan.

KPwBI Provinsi Bali melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupaya berperan aktif dalam peningkatan kualitas masa depan sumber daya manusia Indonesia melalui program pemberian beasiswa bagi mahasiswa.

“Saat ini kami menyalurkan beasiswa sebanyak 225 mahasiswa/i jenjang sarjana (S1) reguler dari dua PTN yaitu Universitas Udayana dan Universitas Pendidikan Ganesha serta dua PTS yaitu Universitas Pendidikan Nasional dan Universitas Warmadewa,” ujar Trisno.

Pada tahun ini, BI juga melakukan perluasan penyaluran beasiswa pendidikan vokasi di SMK Dwijendra.

“Jadikan kegiatan ini sebagai “Sekolah Kepemimpinan” bagi kalian untuk belajar menjadi seorang pemimpin, setidaknya bagi diri sendiri,” ujarnya.

GenBI Leadership Camp 2020 ini dilaksanakan dengan cara berbeda dari biasanya.

“Kali ini kami bersinergi dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut Denpasar untuk pelaksanaan kegiatan guna mengenal potensi laut,” imbuhnya.

Sementara, Perwira Pelaksana TNI AL Mayor Gde Padang menyampaikan dasar pelatihan, karena ingin memberikan wawasan kemaritiman.

“Wilayah NKRI 23 persen diantaranya adalah lautan. Sehingga kami ingin memberikan adik-adik mahasiswa pengetahuan wawasan kemaritiman,” ungkapnya.

Wakil Rektor III Universitas Pendidikan Ganesha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd juga turut memberikan apresiasi karena dalam pelatihan ini mahasiswa dibekali oleh kompetensi.

“Selain itu soft skill juga bisa dipakai oleh mereka setelah lulus nantiny. Sebab kampus hanya bersifat materi saja,” pungkasnya.(*)