Surat Izin Mengemudi (SIM) Terbaru Di Bekali Fitur Canggih E-Money

Denpasar, Porosinformatif – Pemohon surat izin mengemudi (SIM) nantinya bakal mendapatkan wujud baru SIM dan lebih canggih.

Anggota Satlantas Polresta Denpasar saat sosialisasi SIM baru

Ada chip atau sirkuit elektronik kecil yang nantinya ditanamkan pada SIM baru. Istilahnya, SIM Pintar atau Smart SIM.

Soal SIM baru ini dibenarkan Kasat Lantas Polresta Denpasar, AKP Adi Sulistyo, S.IK menyatakan Pihak Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri telah merilisnya di Jakarta. “Tentu Bali juga bakal memilikinya,” ungkapnya.

Fasilitas diperbarui mengikuti perkembangan teknologi. Nantinya dalam chip pemilik SIM ada data forensik kepolisian. Isinya adalah seluruh informasi penting milik pengguna seperti identitas kependudukan.

Termasuk riwayat pelanggaran. Jadi, para pemegang SIM dapat melihat jumlah pelanggaran yang telah dilakukan. Yang baru, SIM dengan chip tersebut bakal dilengkapi fitur e-money. Bisa menyimpan saldo hingga Rp 2 juta.

“Jadi SIM baru ini bisa juga dibuat berbelanja di minimarket, bayar tol dll. Karena SIM ini sudah merupakan elektrik money,” imbuhnya.

Informasi dihimpun, SIM tersebut multifungsi. Bisa untuk membayar kartu tol, tiket kereta, dan transaksi lain. Yang tidak kalah hebat adalah segi keamanan.

Di kartu Smart SIM tersebut, terdapat dua foto. Tujuannya, menambah tingkat keamanan sehingga data tidak dapat diduplikasi.

Ada foto utama dan foto security menggunakan algoritma khusus. ”Masih diuji coba di beberapa kota oleh Korlantas Polri. Semoga tidak ada kendala,” harapnya.

Secara tampilan fisik, kartu Smart SIM tidak berbeda jauh dengan kartu SIM biasa. Smart SIM didominasi warna putih dan merah. Pada bagian atas kartu terdapat tulisan Indonesia. Persis di bawahnya, terdapat tulisan, surat izin mengemudi. Logo Kepolisian Negara Republik Indonesia terletak di pojok kiri atas.

Foto pemilik SIM berada di sebelah kiri. Pada bagian tengah terdapat data pribadi pemilik, diantaranya nama, tempat tanggal lahir, golongan darah, jenis kelamin, tempat tinggal, dan pekerjaan. Masa berlaku SIM ada apa bagian pojok kanan bawah.

Sementara pada bagian belakang, tampilan Smart SIM berwarna putih. Panjang kartu sekitar 86 mm dan lebarnya 53,96 mm. Nantinya pemilik SIM lama tidak harus cepat-cepat mengganti kartunya dengan Smart SIM. Pengendara bisa menggantinya saat akan melakukan perpanjangan SIM.

Pemilik SIM lama dapat mengganti SIM baru ketika SIM-nya akan habis masa berlaku (perpanjang). Jadi tidak juga masyarakat yang punya SIM sekarang dengan model lama buru-buru mengganti SIM. ”Sebelum habis, silakan lakukan perpanjangan,” tuturnya. (toto)