Mahasiswa Prodi Seni Teater ISI Surakarta Bersinergi Dengan Pendopo Seni Budaya Kajeenjeman Demangan Bantul Dalam Pementasan Ketoprak

Bantul, Porosinformatif – Mahasiswi Prodi Seni Teater ISI Surakarta bekerjasama dengan Sanggar Seni Kemasan Surakarta akan menampilkan pertunjukan ketoprak dengan judul Tumenggung Laras Miring, Minggu (22/12).

Pertunjukan ketoprak ini untuk kedua dipentaskan dimana sebelum ini pernah dipentaskan di pendopo Sanggar Seni Kemasan Surakarta pada 15 Desember 2019.

Setelah sukses dalam pertunjukan ketoprak di Surakarta, kerjasama antara Mahasiswa Prodi Seni Teater dengan Sanggar Seni kemasan, dimana antusias penonton yang hadir menyaksikan pertunjukan sedemikian ramai, maka Mahasiswa Prodi Seni Teater ISI Surakarta berkeinginan mengembangkan kerjasama dengan pihak lain di luar Surakarta untuk dapat mementaskan pertunjukan ketoprak dengan lakon yang sama.

Dengan arahan dan bimbingan dari Dosen Pembina Feri Ludiyanto,S.Sn.,M.Pd. Mahasiswa Prodi Seni Teater berhasil menjalin kerjasama dengan Pendopo Seni Budaya Kajeenjeman Demangan Bantul, Yogyakarta.

Kepada wartawan porosinformatif Feri mengatakan bahwa mahasiswa Prodi Seni Teater berhasil menjalin kerjasama dengan sanggar kemasan Surakarta dan Pendopo Seni Budaya Kajeenjeman Demangan Bantul, Yogyakarta.

Tentu saja ini merupakan sebuah awal yang baik bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran menagement produksi yang baik dalam menjalin kerjasamanya dengan pihak luar.

Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa prodi Seni Teater ISI Surakarta ini dengan sengaja mementaskan Seni Teater Tradisional Ketoprak untuk mengenalkan dan memberi tahu kepada masyarakat awam, pelajar, pemerhati dan pelaku seni bahwa Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta Prodi Seni Teater dalam visi misi pembelajarannya berorentasi pada seni Teater tradisi. Penciri Prodi ini disosialisasikan agar masyarakat mengetahui bahwa pembelajaran prodi Seni Teater ISI Surakarta berorientasi pada seni Teater Tradisi.

Faris yang dipercaya sebagai ketua panitia pagelaran Karya Mahasiswa prodi Seni Teater ISI Surakarta 2019 berharap semoga kegiatan ini merupakan awal yang baik sebagai cikal bakal pembuka kerjasama antara institusi dengan pihak luar (stakeholder), yang pada tahun ini berkerjasama Sanggar Seni Kemasan Surakarta dan Padepokan Seni Budaya Kajenjeman Demangan, Kopen, Bantul Yogyakarta.

Diakhir pembicaraan dengan wartawan porosinformatif feri mengatakan selamat menyaksikan pertunjukan Ketoprak dengan lakon Tumenggung Laras Miring Sutradara Bambang Sugiarto malam ini 22 Desember 2019 di Pendopo Seni Budaya Kajeenjeman, selain pagelaran kegiatan ini juga bertujuan sebagai wujud silaturrahmi dan pengakraban dengan masyarakat/penikmat sekitar, terutama generasi muda agar mencintai kesenian tradisional.

Reportase by : Indar Sabri