Keluar Rumah Tanpa Masker Denda 100 Ribu Menanti

Upaya menyadarkan masyarakat agar tertib dan disiplin dalam mengikuti protokol kesehatan, Gubernur Koster menerbitkan Pergub No 46 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Upaya Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Virus Corona 2019 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru.

Denpasar, Porosinformatif – Pergub ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020, “adapun sangsi yang akan diberikan berupa denda 100 ribu bagi yang keluar rumah tanpa menggunakan masker,” terang Gubernur Koster kepada awak media di Rumja Jl. Surapati No. 1 Denpasar, Rabu (26/08).

Lebih lanjut Gubernur Koster menegaskan, bahwa Pergub akan disosialisasikan selama 2 minggu kedepan, “karena ini harus segera diberlakukan secara efektif sejak diumumkan hari ini (Rabu_red),” ujar Koster.

Selain sanksi bagi warga yang tidak menggunakan masker, sanksi lain juga akan diberikan kepada pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum yang tidak menyediakan sarana pencegahan COVID-19 dengan denda sebesar Rp 1.000.000,- hingga pembekuan sementara izin usaha.

Selanjutnya yang akan melakukan pengawasan terhadap berlakunya pergub ini adalah perangkat daerah, pemerintah di provinsi Bali dan juga instansi di tiap kabupaten, “seperti Satpol PP yang bersinergi dengan TNI Polri, juga dengan satgas gotong royong desa adat dan komponen masyarakat lainnya,” tegas Koster.

Koster berharap dengan adanya Pergub yang telah ditetapkan, masyarakat lebih bisa menaati protokol kesehatan. Karena hal ini merupakan instruksi dari Presiden dan juga Mendagri yang dilaksanakan diseluruh indonesia termasuk di Bali.

Editor : Totok Waluyo
Reportase : Randi Wicaksono