Festival Seni Bali Jani II 2020 Resmi Ditutup Gubernur Bali

Denpasar, Porosinformatif – Jangan pernah bosan dalam membangun seni dan budaya di Provinsi Bali sehingga mampu membangun eksistensi dan daya saing yang menjadi sumber kehidupan di masa yang akan datang.

Petikan kata yang disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster saat menutup Festival Seni Bali Jani II 2020 di Gedung Ksirarnawa Art Center, Sabtu (7/11).

“Dengan lahir dan munculnya karya inovatif dan kreatif, maka diyakini juga akan muncul individu-individu yang memiliki gagasan kaya dengan ide-ide baru,” tutur Gubernur Koster.

Festival Seni Bali Jani II 2020 mengusung tema “Candika Jiwa Puitika Atma Kerthi” bermakna, semesta kreativitas terkini dalam mencandikan jiwa spirit, taksu atau ide-ide cemerlang dalam platform konsep eksplorasi, eksperimentasi, lintas batas, kontekstual dan kolaborasi.

Acara yang digagas Ny. Putri Suastini Koster tahun lalu, merupakan wadah bagi seniman modern untuk menuangkan apresiasi dan inovasinya yang kreatif dalam berkarya memajukan kesenian, sekaligus melestarikan budaya Bali.

Festival yang mengkolaborasikan kesenian tradisi dan modern ini juga diperkuat dengan terbitnya payung hukum yang tertuang ke dalam Perda Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali.

“Gunakan panggung ini dengan maksimal untuk mengkolaborasikan kesenian secara kolektif dan berkelompok sehingga mutu dan kualitas yang tampil juga mampu berdaya saing di tingkat yang lebih tinggi,” kata Gubernur Koster.

Gubernur Koster yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali menambahkan, salah satu ciri peradaban bangsa maju adalah banyaknya penulis buku berkualitas yang lahir di daerah tertentu.

Penutupan Festival Seni Bali Jani II tahun 2020 juga tampil Ny. Putri Koster berkolaborasi dengan Balawan yang membawakan puisi berjudul “AGUSTUS” serta perform Adilango bertajuk “Alun Bali Bangkit” yang dibawakan oleh Sanggar Rare Sejati berkolaborasi dengan sejumlah seniman Bali.

Editor : Totok Waluyo
Sumber : Humas Pemprov Bali