Sangbala Next Theater Tampil di Jatim Art Forum 2020

Editor : Totok Waluyo | Reportase : Welly Suryandoko

Lamongan, Porosinformatif – Drama Kentrung oleh Sangbala Next Theater dalam ajang Jatim Art Forum 2020 dibawakan apik, interaktif dan komunikatif. Hal ini disampaikan sang Sutradara Rodli TL di Panggung Sangbala, Desa Candi Tunggal Lamongan, Kamis (3/12).

Meski masa pandemi, Teater masih tetap berinovasi agar tetap hidup. Menurut Rodli dorongan dalam berkarya muncul secara alamiah.

“Dan ini lahir dari kebiasaan manusia teater yang berinteraksi estetis. Dengan atau tidak melalui teater itu sendiri,” katanya.

Oleh karenanya, dalam pementasan Kentrung kali ini, Sangbala Next Theater mencoba dan berani mengangkat Kentrung dalam versi drama. Namun tidak mengurangi esensi.

“Pertunjukan ini merupakan upaya restorasi, sentuhan dramaturgi dan teateral masih kita munculkan,” tegasnya.

Legenda dan dakwah ciri khas Kentrung Lamongan juga tidak ketinggalan.

“Serta cara Dalang melantunkan tuntunan melalui tembang juga merupakan ciri khas Kentrung Lamongan,” terangnya seraya menjelaskan 8 pemain yang berperan sebagai dalang, pemusik dan aktor sangat kolaboratif saat membangun pesan di dalam penampilannya.

Selain bisa disaksikan melalui siaran langsung Facebook, beberapa penonton yang dekat lokasi juga bisa menyaksikan langsung. Tetapi tetap mengindahkan protokol kesehatan.

Sementara para Pengamat DKJT Divisi Teater terdiri dari Luhur Kayungga, Galuh Tulus Utama, Sangat Mahendra dan tim lainnya merasa bahagia, sebab teater hidup dan berkembang tidak hanya di kota. Bahkan di desa menurut mereka, teater lebih hidup dan dihargai oleh masyarakat.(*)