Jawab Kebutuhan Abad 21, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unmas Denpasar gelar Webnas secara Daring

Editor: Redaksi | Reportase: Totok Waluyo

Denpasar, Porosinformatif | Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar kembali menggelar Webinar Nasional yang bertajuk “Flipped Classroom Implementation” secara daring, Jum’at (3/12/2021).

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Ni Made Wersi Murtini, S.Pd., M.Pd. mengatakan, pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat yang dikemas dalam webinar nasional ini bermanfaat untuk sharing knowledge bagi civitas akademika FKIP Unmas Denpasar dan juga khayalak umum.

Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu realisasi kerja sama antara FKIP Unmas Denpasar dan PT NgeLESin Global Edutech.

“Tidak hanya itu saja mas, acara ini juga wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat terpadu yang menyasar masyarakat umum seperti peserta didik, guru, dosen, dan kalangan lainnya,” terangnya kepada Porosinformatif.

Ia menambahkan, pengabdian ini dilatarbelakangi dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini.

“Dan hal ini sangat berpengaruh pada kebiasaan dan cara belajar siswa dan mengajar guru di sekolah,” ujar Murtini.

Selain itu, para pendidik juga menunjukkan minat yang sangat besar pada pendekatan pengajaran inovatif yang menjawab kebutuhan abad 21 dan tren global.

Berdasarkan fenomena tersebut, maka model Flipped Classroom dalam pembelajaran Bahasa Inggris menjadi tren baru untuk diterapkan sehingga menyajikan pengalaman baru bagi pendidik maupun peserta didik.

“Inti dari model Flipped Classroom ini adalah memindahkan pendidikan ke luar kelas yang biasanya dihantarkan melalui media elektronik dan memindahkan praktek berupa tugas dan pekerjaan rumah ke dalam kelas,” tandasnya.

Kegiatan juga diikuti Dekan FKIP Unmas Denpasar Dr. Drs. I Nyoman Suparsa, M.S., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKIP Unmas Denpasar I Made Dharma Atmaja, S.Pd., M.Pd., Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Sumber Daya FKIP Unmas Denpasar I Gde Putu Agus Prameeta, S.Pd., M.Pd., Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi, dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, alumni, siswa dan khalayak umum lainnya.(*)