Menangi Lima dari Sepuluh Kategori, Startup Indonesia Semakin Percaya Diri

Nusa Dua, Porosinformatif| Digital Innovation Network (DIN) G20 yang digelar di Nusa Dua, Bali dari tanggal 2 hingga 4 September 2022 memiliki tujuan untuk menjadi forum utama guna berbagi pengetahuan, mendorong diskusi, dan membangun kemitraan di antara para pemain inovasi global.

Dari sepuluh kategori, lima diantaranya diraih oleh startup asal Indonesia. “Ini bisa menambah rasa percaya diri bagi startup Indonesia,” ujar Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan kepada awak media yang hadir di venue Nusa Dua, Bali, Minggu (4/9/2022).

Ia menambahkan, acara pitching and awarding bagi startup ini merupakan lanjutan dari presidensi di Italia tahun 2021 kemarin. Semuel menekankan, bukan hanya tentang pertandingannya, tapi bagaimana meningkatkan kemitraan multi-stakeholder dengan memberikan peluang dan momentum bisnis untuk berjejaring dan berkolaborasi.

“Supaya apa? Supaya kita bisa memahami cara kerjanya dari para peserta G20 dan menciptakan inovasi-inovasi yang lebih baik lagi ke depannya,” terangnya.

DIN G20, disebutkan Semuel, salah satu cara untuk meningkatkan kolaborasi. Serta diharapkan bisa menjembatani kerjasama antara pelaku inovasi publik dan swasta, startup, dan korporat dalam skala global.

“Saat dunia menghadapi tantangan global yang semakin kompleks yang menuntut adopsi respons multilateral, kolaborasi antar negara dan ekosistem inovasi internasional menjadi keharusan,” imbuhnya.

“Melihat dari antusiasme program ini, kami dari kominfo akan membuat acara yang sama tapi khusus dari negara asean,” pungkasnya.

Daftar pemenang Startup dalam DIN G20:

[JUDGES]

Healthcare
1) UCARE.AI – 31 – Singapore – In Person
2) Neurobots – 30 – Brazil – In Person

Supply Chain
1) MOOVA (Virtual) – Argentina
2) Sinbad (In person) – Indonesia

Green & Renewable Energy
1) Xurya (In Person) – Indonesia
2) Uali (In Person) – Argentina

Edutech
1) Edubuk (In Person) – India
2) Accredify (In Person) – Singapore

Fintech
1) WireBarley (Virtual) – Republic of Korea
2) Lendo (Virtual) – Saudi Arabia

[FAVORITE]

Healthcare
1) NUSANTIC – Indonesia
2) Qapsula – Rusia

Supply Chain
1) Eunimart – India – Virtual 
2) FairSupply – Australia

Green & Renewable Energy
1) mEINHUNDERT Energie GmbH – Germany – (virtual)
2) MVL Labs – RoK

Edutech
1) Cakap – Indonesia – In Person – Education Technologi
2) Sarente Gameon – Turkiye

Fintech
1.) Komunal – Indonesia
2.) Lendo – Saudi Arabia.(*/01)