Fokus Bersihkan Bali dari Sampah, Puri Ageng Blahbatuh Jalin Kerjasama Pariwisata dengan Cashmere Hotel Group

Editor: Totok Waluyo | Reportase: Totok Waluyo

Gianyar, Porosinformatif | Puri sebagai pusat kebudayaan memiliki tanggungjawab dalam melestarikan tradisi. Untuk mendukung peran puri sebagai pusat kebudayaan, Puri Ageng Blahbatuh Gianyar membangun kerjasama dengan Cashmere Hotel Group (CHG) California, Amerika Serikat.

Tidak hanya itu, tujuan utama hubungan bilateral antara pihak Puri dan Cashmere Hotel Group juga memprioritaskan bersihnya sampah dari Pulau Dewata Bali.

Panglingsir Puri Ageng Blahbatuh, Anak Agung Ngurah Kakarsana menjelaskan, pihaknya menjalin kerjasama dengan CHG untuk membangkitkan pariwisata Bali di tengah keterpurukan akibat pandemi global covid-19.

“Kapan pun border Bali dibuka Cashmere sudah siap mendatangkan wisatawan dari Amerika ke Bali. Ini yang kita harapkan bahwa Puri memiliki peran membangun kembali pariwisata berbasis budaya dan tradisi,” jelas Anak Agung Ngurah Kakarsana, Sabtu (24/7/2021).

Ngurah Kakarsana menambahkan, program kerjasama antara Puri Ageng Blahbatuh dan Cashmere Hotel Group secara resmi diluncurkan untuk mengawali sejumlah proyek yang akan berlangsung di masa mendatang.

Pihaknya mengatakan, program yang sudah berjalan diantaranya pengelolaan sampah berbasis aplikasi yang disebut ‘Mulung Parahita’.

“Ini soft launching, yang nantinya akan kita teruskan dalam program berkelanjutan, tidak sampai disini saja, kami juga berharap dukungan dari para insan media,” ujarnya.

Sementara, Principle Cashmere Hotel Group Lesley Carey mengatakan, pihaknya memiliki tekad untuk memulai menghidupkan pariwisata Bali pasca pandemi. Melalui jaringan Cashmere Hotel Group, ia menyebarkan kuisioner dan mendapatkan hasil poling bahwa 70 persen jaringan bisnisnya memilih Bali untuk berlibur pasca pandemi.

Lesley melihat Bali masih memiliki daya tarik besar untuk wisatawan global. Ia juga berjanji akan memberikan wisatawan berkualitas yang akan datang ke Bali.

“Bagi saya, Bali menjadi rumah kedua. Sehingga, kami perlu memberikan yang terbaik untuk Bali, terutama quality tourism yang akan kami rujuk datang ke pulau ini,” kata Lesley di Puri Ageng Blahbatuh Gianyar.(*)