Peningkatan UMKM Beras Merah di Desa Sading, Ini yang dilakukan Ida Ayu Tuti Peserta KKN Tematik FH Unmas Denpasar

Denpasar, Porosinformatif| Beras merupakan makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh warga di dunia, terutama di benua Asia.

Walaupun umumnya beras yang dikonsumsi berwarna putih, terdapat juga varietas beras yang memiliki pigmen warna seperti beras merah, beras cokelat dan beras hitam.

Beras merah merupakan salah satu sumber pangan yang mengandung sumber antioksidan.

“Beras ini memiliki lapisan luar bekatul yang merupakan sumber yang baik akan protein, serat, lemak dan vitamin E,” kata Ida Ayu Tuti, mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar peserta KKN Tematik Angkatan 46 Periode I Tahun 2023.

Di era new normal seperti sekarang, menurut Ida Ayu, pemasaran beras merah di Desa Sading belum mengalami peningkatan bahkan terkadang mengalami penurunan.

“Tujuan dan target yang ingin dicapai melalui kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini adalah membantu pemasaran beras merah dalam rangka meningkatkan penjualan beras merah yang mengalami penurunan pascapandemi Covid-19,” tuturnya.

Di tempat yang berbeda, Dr. Lis Julianti, S.H., M.H. selaku dosen pembimbing mengatakan, pengadian kepada masyarakat dalam KKN Tematik merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Di mana bertujuan agar memberikan mahasiswa peserta KKN mengaplikasikan ilmu yang didapat di perkuliahan saat berada di tengah masyarakat.

Lis Julianti berharap, kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para mahasiswa peserta KKN khususnya dan masyarakat pelaku UMKM pada umumnya.

Pelaku UMKM beras merah yang berada di Desa Sading Kecamatan Mengwi Ida Bagus Ketut Sudiarta menyambut baik program KKN di tempat usahanya.

Menurutnya, apa yang disampaikan mahasiswa peserta KKN, bisa bermanfaat bagi kelangsungan usahanya.

Apalagi terkait pemasaran, yang tadinya secara tradisional, kini dirinya bisa menjual secara digital melalui marketplace dan tokopedia.

“Terima kasih kepada adik mahasiswa FH Unmas Denpasar Ida ayu Tuti yang telah memberikan pelatihan dan informasi terkait permasalahan tiang (saya_red) selama ini di packing dan pemasaran. Semoga adik bisa lulus dengan lancar dan sukses setelahnya,” pungkasnya.***